Pelepasan Umroh Ibu Ny. Hj. Masriyah Amva (Ibu) dan Ny. Hj. Awanillah Amva (Yu Awa).

sumber gambar : https://www.facebook.com/awani.amva

Rabu, 25/10/2017

Kebon Jambu,- Sekitar waktu sholat maghrib seluruh santri dikumpulkan di Masjid utama Kebon Jambu.  Santri melaksanakan sholat maghrib berjamaah dilanjut dengan pembacaan ratib Syamsi Syumus yang dipimpin langsung oleh Ibu Nyai, sebagaimana pesan Ibu Nyai bahwa mereka ingin dilepas dengan doa.

Sebelum pembacaan, Ibu Nyai sempat bernostalgia, mengenang masa-masa setahun yang lalu ketika Ibu Nyai, Ang Asror (Almagfurlah), dan Yu Awa pergi ziarah bersama ke Mesir. Kini sebelum pergi ke Makkah, Ibu Nyai dan Yu Awa akan pergi ke Mesir terlebih dahulu, seperti doa yang mereka panjatkan di tahun  kemarin saat menyusuri sungai Nil yang merupakan sungai eksotis dan melegenda untuk dan agar bisa pergi kesana lagi.

"Dalam perjalanan saat menaiki perahu menyusuri sungai Nil, kami bertiga tak henti-hentinya berdoa, dengan wajah berbalut senyum dan hati yang senantiasa berbunga penuh rasa syukur, kami teriakkan"semoga tahun depan bisa ke sini lagi, amiin. Semoga tahun depan kita kesini lagi amiin. Terus dan terus seperti itu. Namun sayang, di tahun ini kami hanya pergi berdua saja tanpa Ang Asror yang telah mendahului kita tanpa aba-aba. Ibu Nyai mengenang dengan penuh pengharapan.

Kepergiaan umroh ini juga merupakan rihlah Yu Awa yang telah keluar dara masa iddah nya.  Walau mati lampu, tak menyurutkan semangat ibu nyai dan para santri untuk terus melantunkan doa.

Beliau berpesan, agar kita semua (para santri dan guru-guru) untuk selalu meminta pertolongan kepadaNya, selalu bergelayut kepadaNya, dan memasrahkan segala urusan termasuk urusan kepesantrenan kepadaNya. Agar pesantren kita tidah pudar,tidak runtuh, selalu menuai manfaat karena sumber kekuatan Kita ada padaNya, Tuhan semsesata alam yang tak pernah Tidur.

"Nanti ibu salamkan kalian kepada Imam Syafi'i dan Imam wake' dan para ulama dan para wali yang ada disana". Tutur Ibu Nyai di akhir sambutannya.

Semoga selamat sampai tujuan ibu,  yu Awa. Selamat berpesta doa, dan pulang kembali dengansehat dan selamat. Amiin. (Nida)

    www.kebonjambu.org

    Telepon     : 0231 342259

    Instagram : @pondokkebonjambu

    Facebook  : @kebonjambu

    Twitter     : @kebon_jambu