Yayasan Tunas Pertiwi

13 Oktober 2017

Yayasan merupakan sebuah organisasi atau badan hukum yang memiliki tujuan dan maksud yang dimana tujuan tersebut bersifat sosial, keagamaan dan kemanusiaan. Yayasan didirikan dengan memperhatikan persyaratan formal yang telah ditentukan oleh undang-undang. Untuk mendirikan sebuah yayasan, dilakukan dengan membuat akta notaris dan mempunyai status badan hukum. karena yayasan merupakan badan hukum yang resmi sehingga dibutuhkan pengesahan oleh Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia atau pejabat yang ditunjuk.

Yayasan Tunas Pertiwi Kebon Jambu merupakan salah satu yayasan yang sudah mendapatkan status resmi dari negara karena sudah memiliki akta notaris dan pengesahan oleh menteri kehakiman dan Hak asasi manusia. Yayasan Tunas Pertiwi Kebon Jambu pertama didirikan pada tanggal 4 November tahun 1993 ditaraf tingkat kabupaten dengan nama “YAYASAN TUNAS PERTIWI” yang didalamnya hanya menaungi Pondok Kebon Jambu Al-Islamy saja. Seiring berjalannya waktu dan banyaknya kebutuhan, pihak yayasan tunas pertiwi merasa perlu untuk menaikan taraf Yayasan ke tingkat Nasional. Sehingga pada tanggal 16 Juni 2013 Yayasan Tunas Pertiwi mendapatkan Akta Notaris dari pejabat Notaris SRI ANAH, S.H, M. Kn dan menjadi yayasan yang bertaraf Nasional. Karena nama Yayasan Tunas Pertiwi sudah ada yang memakainya, sehingga ditambahkanlah nama Kebon Jambu untuk menghindari kesamaan nama dan jadilah “YAYASAN TUNAS PERTIWI KEBON JAMBU”.

Saat ini Yayasan Tunas Pertiwi Kebon jambu dipimpin oleh Hj. Awanillah, S.Kom.I dan menjadi wadah yang menaungi lembaga-lembaga yang ada di sekitarnya seperti Pondok Pesantren Kebon Jambu Al-Islamy, Pondok Pesantren Al-Jadid Kebon Melati, SMP Tunas Pertiwi, MA Tunas Pertiwi, PSAA Al-Islamy. secara historis Pondok Pesantren Kebon Jambu Al-Islamy lebih ada terlebih dahulu sebelum berdirinya Yayasan Tunas Pertiwi Kebon Jambu. Sehingga tak aneh jika masyarakat dan para santri kebon jambu sendiri lebih mengenal Pondok Pesantren Kebon Jambu Al-Islamy dari pada Yayasan Tunas Pertiwi Kebon Jambu.

Kedepannya Yayasan Tunas Pertiwi Kebon Jambu bisa dimanfaatkan oleh para alumni yang ingin mendirikan lembaga pendidikan baik formal maupun non formal, lembaga kesehatan dan lembaga-lembaga lainnya yang membutuhkan naungan Yayasan.

www.kebonjambu.org

Telepon     : 0231 342259

Instagram : Santrineakang

Facebook  : Pondokkebonjambu