Madrasah Tahsinul Akhlaq Assalafiyah

16 Oktober 2017

 1. SEKILAS TENTANG MTAS

Pendidikan yang dilaksanakan oleh masyarakat Islam merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pendidikan nasional yang digalakkan oleh pemerintah Indonesia sehingga satu sama lainnya saling membutuhkan.

Madrasah Tahsinul Akhlaq Assalafiyah sebagai salah satu madrasah yang berada di lingkungan Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon sejak tahun 2003 telah mendapat Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri (Departemen Negeri, Agama dan Pendidikan Nasional) yaitu penetapan pemerintah bahwa mulai dari kelas I sampai dengan kelas III disamakan dengan tingkat SMP/MTs. Artinya, alumnus kelas III tersebut dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (SMA/SMK atau MA).

Sekolah ini didirikan pada tahun 1987, dimana Ust. Nashir adalah kepala sekolah pertamanya.  Kajian utamanya adalah ilmu-ilmu kepesantrenan terutama yang termaktub dalam kitab kuning. Pendirian MTAS sendiri banyak terinsipirasi oleh keberadaan beberapa sekolah dilingkungan pesantren Babakan sebelumnya, yaitu Madarasah Salafiyah Syafi’iyah (MSS) yang didirikan pada tahun 1943 M/1362 H dan Madrasah al-Hikam al-Salafiyah (MHS) dimana KH. Muhammad pernah menuntut ilmu sekitar tahun 1960-an.

 

 2. VISI MISI

Madrasah tahsinul Akhlaq Assalafiyah mempunyai Visi "Mewujudkan manusia yang pintar dan benar sehingga menjadi orang sholeh yang mulia, bahagia dan selamat dunia dan akhirat."

Adapun Misi yang diembannya adalah:

  1. Mencetak insan yang berpengetahuan dan handal dalam bidang agama.
  2. Mendisiplinkan pendidikan dan pengajaran.
  3. Meneruskan perjuangan Salaf as-Sholihin yang berakhlaqul karimah.
  4.  Mencetak kader-kader muslim yang berkualitas

www.kebonjambu.org

Telepon     : 0231 342259

Instagram : Santrineakang

Facebook  : Pondokkebonjambu