Nyai Hj. Masriyah Amva

Ibu yang Lahir di Pesantren Babakan 13 Oktober 1961 dari pasangan KH. Amrin Hanan dan Ny. Hj. Fariyatul ‘Aini Rohimahumallah ini mempunyai prinsip-prinsip dalam menghadapi hidup, di antaranya positive thinking (berpikir positif), optimis (penuh semangat) dan senantiasa belajar dari pengalaman. Baik dialami sendiri atau orang lain.

Di tengah kesibukan Beliau mendidik 300-an santriwati, putri sulung dari enam bersaudara ini tetap eksis berkiprah di lembaga-lembaga sosial dan kemasyarakatan seperti NU dan Yayasan Uswatun Hasanah.

Mengabdikan seluruh hidupnya untuk dunia pendidikan dan sosial adalah obsesi Beliau. Yayasan yang Beliau pimpin sudah banyak membawa nuansa bagi masyarakat dengan memberikan santunan-santunan kepada yatim piatu, orang jompo, memberi pinjaman modal dan semacamnya.

Meskipun lahir dari keluarga terhormat, namun Beliau bukan malah manja atau sombong. Pendidikan sikap disiplin yang diperoleh dari ibundanya mampu membentuk kemandirian sikap serta prilakunya. Sejak kelas IV SD, Beliau sudah mencoba belajar mencari uang jajan sendiri. Mulai saat itulah, tumbuh jiwa dan naluri kewirausahaan dalam diri Beliau yang sampai sekarang masih melekat nyata dalam kesehariannya.

Bisnis memang hanya sampingan saja, maka Beliau selalu memilih yang simple-simpel saja juga tidak menyita waktu dan pikiran. Sehingga tidak mengganggu tugas mengajar. Bisnis Beliau tidak nampak, sebab hanya memainkan otaknya dan tidak terjun langsung. Cukup dengan mempercayakan kepada orang lain.

Sebelum menikah dengan Al-Mukarrom KH. Muhammad, Beliau menikah dengan KH. Syakur (Bapak dari Robith Hasymi dan Moh. Ibdal) dan pernah mukim di Tunisia sekitar 4 tahun, mendampingi suami yang bertugas di kedutaan.

Setelah menikah dengan Al-Mukarrom KH. Muhammad (1993), Beliau berdua berangkat haji dan sudah beberapa kali umroh pada bulan Romadlon, karena sama-sama sering merasakan rindu yang sangat kepada Baitullah dan Rosulullah Saw. Jadi, walau pun dalam keadaan fakir, selagi tak ada halangan maka tetap berangkat umroh sampai Idul Fitri di Sana.

            “Selalu dekatkan diri kepada Allah Swt. karena itu adalah kunci utama kesuksesan, giat dan bersabarlah dalam mencapai cita-cita”, begitulah yang kerap Beliau sampaikan.

 

 

    www.kebonjambu.org

    Telepon     : 0231 342259

    Instagram : @pondokkebonjambu

    Facebook  : @kebonjambu

    Twitter     : @kebon_jambu